Iklan : Pasang iklan baris anda disini...

Curhat Kontes SEO 2013 Spam

Bicara tentang KONTES SEO 2013, blog curhat de Crowz pengen banget melepaskan uneg-uneg tentang dua kontes spam (istilah yang saya pakai untuk kontes yang tidak bertanggung jawab) yang saya ikuti beberapa bulan lalu. Saya yakin tidak sedikit teman-teman blogger ikut tertipu dan menjadi korban dari pihak penyelenggara kontes SEO dan kontes menulis ini.  Kontes pertama adalah sebuah kontes SEO bertema budaya yang diselenggarakan dalam rangka menyambut event budaya Toraja Lovely December dan kontes kedua adalah sebuah kontes menulis konten atau review tentang seorang tokoh penting di kabupaten Barito Timur. Mungkin temanya mirip kontes Cipto Junaedy gitu deh. Ada yang ikut kontes ini ga?

Di kontes yang pertama sih sebenarnya saya didaulat sebagai pemenang harapan 2 alias juara 5 dan berhak atas hadiah yang disediakan. Menang kok masih komplain? Nah disini letak permasalahannya. Pada saat waktu pengumuman pemenang (sesuai aturan yang ditetapkan), nama saya dengan jelas ditulis berhasil menjadi juara ke-2 (bukan harapan 2) dan bertahan selama 1 minggu. Kok bertahan? Iya.. karena tak lama kemudian pengumuman juara diralat dan nama saya kemudian hanya berada di posisi ke-5, padahal sebelumnya di aturan kontes disebutkan hanya akan ada 3 pemenang. Kenapa? Dengan dipenuhi rasa penasaran saya kemudian menghubungi pihak penyelenggara dan mempertanyakan hal tersebut. Sungguh diluar perkiraan saya, ternyata perubahan ini disebabkan karena kualitas konten dari artikel saya dianggap tidak layak menjadi juara ke-2, ditambah lagi dengan banyaknya komplain dari para peserta. Kawan-kawan tahu ga, di dalam aturan kontesnya tidak disebutkan penilaian konten loh, penilaian hanya posisi di mesin pencari saja. Benar-benar tidak penting, panas, perlu dan seruu.

Saya pun makin penasaran. Satu per satu artikel para pemenang saya buka dan teliti keasliannya. Dan luar biasanya hanya 1 (si pemenang pertama) yang benar-benar original, sisanya hanya hasil copy paste dari artikel-artikel orang lain dan menyusunnya menjadi sebuah artikel budaya yang menarik. Lebih parahnya lagi 3 dari artikel yang menang baru diposting beberapa hari sebelum pengumuman pemenang, bahkan posisi SERP di om gugel juga entah dimana. Ga salah dong kalau saya kemudian mengajukan komplain? Satu hal yang membuat saya bingung, mengapa keputusan panitia bisa diganggu gugat sementara dalam aturan kontes sudah jelas tertulis "Keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat." Apakah ini konspirasi dari pihak penyelenggara ataukah kontes ini hanya akal-akalan saja?

Berbeda lagi dengan kontes ke-dua. Ini adalah kontes menulis review dimana pemenangnya dibagi menjadi 2 yaitu tingkat lokal dan nasional. Tapi setelah masa waktu penilaian selesai bahkan hingga Pilkada Barito Timur selesai (ceritanya si bapak Zain Alkim ini lagi ikut Pilkada gitu deh) pengumuman pemenang kontes tidak juga dilakukan. Lebih diperparah lagi website pihak penyelenggara sudah "mati". Kami pun yang mengikuti kontes ini hanya bisa berkeluh kesah melalui akun facebook si penyelenggara meski tak sekalipun mendapat respon. Sekali lagi saya menjadi korban dari pihak penyelenggara kontes seo 2013 yang tidak bertanggung jawab.

Meskipun demikian tidak menyurutkan semangat saya untuk belajar mengasah kemampuan di kontes-kontes SEO lainnya. Sekedar informasi sampai saat ini blog curhat de Crowz masih sementara belajar mengoptimasi kata kunci Margahayuland, yaitu sebuah developer ternama di Jawa Barat dengan pengalaman 42 tahun di bisnis properti. Tidak mudah sih bagi pemula seperti saya karena memang kawan-kawan para mastah SEO juga turun gunung tapi jika tidak saatnya total action sekarang lalu kapan lagi kita belajar. Cuma bisa berharap posisi blog ini di SERP tidak malu-maluin. hehe...

Sebagai penutup saya ingin mengingatkan kepada sobat blogger yang suka mengikuti kontes SEO agar lebih teliti memilih kontes SEO yang benar-benar bisa dipertanggung jawabkan. Jangan sampai mengalami nasib sial seperti saya. Sudah capek-capek optimasi selama beberapa bulan eh ternyata apes. Semoga Kontes SEO 2013 ke depannya lebih baik dan lebih baik. Salam blogger!
Terima kasih anda sudah membaca

Curhat Kontes SEO 2013 Spam

 

+ komentar + 1 komentar

7/08/2013

saya juga tertipu sama kontes Saatnya Total Action

Posting Komentar

 
Support :
Copyright © 2012. deCrowz Blog - All Rights Reserved
Powered by Blogger | Google.com
Created by Creating Website